Cara memulai bisnis Event Organizer

event organizer surabaya | jasa eo surabaya | pelatihan kewirausahaan | event organizer jakarta | event organizer

 

Setelah kita membahas mengenai bisnis wedding organizer, kali ini kita akan mempelajari cara memulai bisnis event organizer. Sebuah bisnis yang banyak dilakukan oleh anak muda dan terus berkembang demikian pesat saat ini. Kebutuhan akan EO dewasa ini meningkat sedemikian pesat dan hampir semua acara terutama di perkotaan membutuhkan jasa EO atau Event Organizer ini. Jika Anda memutuskan terjun ke bisnis EO, maka Anda akan menemukan klien dari pesta pernikahan, acara wisuda, acara pesesmian kantor, perlombaan, hingga festival musik. Sepertinya, dijamin Anda akan menemukan begitu banyak klien yang siap menjadi sumber uang.

Kemudian, bagaimana cara memulai bisnis event organizer? Kami telah membuat kerangka singkat berupa langkah-langkah memulai bisnis ini serta strategi bagaimana Anda bisa mendapatkan kesuksesan di dalam bisnis EO. Oke, berikut langkah-langkahnya.
Menemukan tim solid

Kunci pertama adalah menemukan orang-orang yang mempunyai visi sama dengan Anda, dan kemauan yang kuat untuk sukses. Tanpa tim yang mempunyai kemampuan tinggi, Anda hanya akan menemukan diri Anda bekerja sendiri. Sebuah tim yang solid akan menentukan apakah sebuah acara sukses ditangani atau tidak.
Mempunyai cukup modal

Buatlah semacam iuran bersama tim Anda untuk mendapatkan cukup modal dalam rangka menyewa kantor, biaya perijinan, membentuk CV, dan menyewa peralatan kantor itu sendiri. Dengan mempunyai kantor resmi, maka Anda akan memperoleh legalitas usaha dan mampu membuka usaha event organizer secara resmi.
Mencari relasi

Relasi adalah sebuah hal yang begitu penting dalam rangka mendapatkan klien. Buatlah sebuah jaringan seluas-luasnya, seringlah hadiri acara-acara yang berkaitan dengan festival musik, acara pernikahan, dan acara-acara lainnya kemudian berkenalanlah dengan banyak orang. Melalui perkenalan terhadap banyak orang, maka kemungkinan Anda mendapatkan klien akan semakin besar. Juga, Anda perlu promosi lewat internet seperti jejaring sosial atau website.
Membuat langkah kerja konkret

Ketika Anda mendapatkan sebuah pekerjaan dalam mengorganisasi suatu acara, maka satu hal penting yang harus Anda lakukan bersama tim adalah membentuk langkah kerja. Libatkan seluruh tim, buatlah rapat, dan ciptakan kondisi dimana seluruh anggota tim mampu menuangkan pemikiran yang dimilki.

Perbanyaklah pengetahuan dengan cara browsing di internet atau ingat-ingat konsep sebuah acara yang pernah Anda lihat. Ciptakan ide kreatif bersama tim, dan segera eksekusi. Jika pada pekerjaan-pekerjaan selanjutnya Anda menemukan anggota tim yang tidak bekerja secara pofesional, maka jangan sungkan untuk memecatnya. Karena, di dalam sebuah jasa haruslah terdapat pekerja professional dengan kualitas kerja yang baik.
Jadilah action oriented dan bukan money oriented

Anda perlu menciptakan kualitas, dengan kualitas maka bisnis Anda bisa naik daun dan memperoleh puncak kesuksesan. Pada tahap pertama atau awal memulai bisnis, mungkin tidak masalah apabila Anda menetapkan harga yang murah namun kualitas kelas atas. Dengan trik seperti itu, maka nama bisnis EO Anda akan cepat terkenal dan order begitu berlimpah.
Bangun mitra kerja

Sebuah bisnis Event Organizer memerlukan mitra kerja dalam rangka menciptakan sebuah layanan yang cepat dan solid. Mitra kerja yang Anda bangun bisa dimulai dari menerapkan kerjasama dengan orang-orang yang berada di tempat EO seperti hotel, auditiroum, gedung serbaguna, GOR, dan lapangan. Kemudian, bangunlah kerjasama dengan orang-orang yang mempunyai keterkaitan dengan perlengkapan EO seperti meja, kursi, penerangan, video shooting, fotografi, dan lain sebagainya.

Semoga 6 langkah dalam cara memulai bisnis event organizer di atas mampu membantu kesuksesan Anda dalam berbisnis.

sumber : www.caramemulaibisnis.com

 

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro
This entry was posted in Article. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>